Cara Cloning Database Website Amazon

Mastah Cara Cloning Database Website Amazon ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya:
  1. Cara Backup Database Website di VPS Webuzo
  2. Cara Pindah Website dari VPS ke VPS lain
Kenapa saya sebut website amazon, ya karena saya sering pakai cara ini untuk website-website amazon saya. Khusunya yang sudah kena deIndex, daripada database terbuang sia-sia, mending saya hidupkan lagi untuk website yang lain. Tapi,  jangan khawatir, cara ini bisa untuk semua website kok...heheheh



Cloning Webesite sepemaha saya ialah, 1 database website digunakan untuk website lain yang berbeda alamat. Misal, website masirawann.com memiliki database A, database ini akan kita gunakan untuk website masirawann.me, masirawann.net, masirawann.info dan lain sebagainya. Jadi Alamat websitenya berbeda tapi isinya sama.

Nah untuk caranya saya biasa mengunakan Search and Replace Script in PHP,  download gratis disini.Untuk cara pengunaannya:
  • Buat Folder di FileManger/Cpanel. Misal: saya buat folder A di root / filemanager website masirawann.com
  • Upload file script di atas.
  • Kemudia panggil script tersebut di browser. Misal: masirawann.com/A/
  • perhatikan gambar dibawah


Keterangan:
  1. Alamat yang disesuaikan dengn letak dan nama folder script Search and Replace di dalam root/filemanager website.
  2.  Alamat Website yang akan diganti/di cloning. Dalam pengunaannya metode ini bisa digunakan untuk mengganti Tag ID amazon. Yah sapa tau 1 akun amazon mastah sudah kebanyakan erning, mau digunakan untuk ngisi akun amazon yang ke 2. Tinggal ganti aja Tag ID nya.
  3. nama database yang dicloning
  4. usere nama database yang dicloning
  5. password database yang dicloning
  6. kemudian klik update
  7. klik "Live Run" untuk memulai proses. Kalau database jumlah besar, proses ini akan memakan waktu cukup lama....hehehheeh 

Search and Replace, super cepat dengan scriptnya Mastah  Rubyanto MasRub


Sesuai judul di atas, script untuk Search and Replace ini sangat cepat prosesnya. Pengalaman saya database amazon 45K posting hanya memakan waktu gak kurang 5 menit. Terus terang saya kurang paham itu buatan siap, yang saya tau itu dari mastah  Rubyanto MasRub. Karena bukan punya saya dan saya belum ijin untuk share script tersebut monggo yang mau PM beliau saja, saya cuma nunjuin cara penggunaannya.

Uniknya, script ini mengunakan bahasanya jawa. Bagi anda yang orang jawa, tentu gampang memahaminya tapi yang tidak bisa bahasa jawa, sama susahnya kayak bahasa Rusia, Prascis atau Arab...wkwkwkkwkw. Ini tampilan script super cepatnya.



 Keterangan:
 Untuk pengunaanya sama seperti script di atas. Buat Folder dan upload script Mastah Rubyanto ini.
  1. Kata yang akan diganti, bisa alamat atau tag ID amazon.
  2. Masukkan tulisan localhost aja
  3. nama database yang dicloning
  4. usere nama database yang dicloning
  5. password database yang dicloning
  6. nGgoleki thok = hanya mencari/Search   dan nGganti sisan = menganti/Replace
  7. Memulai proses

Demikian Cara saya Cloning Database Website Amazon dan website lainnya. Banyak cara dan script untuk menjalankan proses ini, silahkan cari di google script lainnya, Semoga bermanfaat.


 Untuk Cara Cepat dan Gampang transfer Database ukuran Besar via Putty lihat ini Gan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »